Logo Pramuka MTs Negeri 2 Demak (Pramenda)

Logo merupakan gambaran jati diri dan hal yang sangat bermakna dalam sebuah organisasi. Logo yang ada dalam sebuah organisasi difungsikan untuk mempermudah seseorang untuk mengingat keberadaan organisasi, visi, misi, tujuan dan suatu gagasan yang hendak dicapai. Tujuan pembuatan logo Pramuka MTs Negeri 2 Demak (PRAMENDA) kali ini tidak terlepas dari motivasi dan semangat untuk selalu memperbarui dan mengikuti bersama perkembangan zaman yang kini semakin modern.

Awal mula proses pembuatan logo Pramuka Mts Negeri 2 Demak ini bermula dari penetapan HUT Pramuka MTs Negeri 2 Demak ke-31 yang jatuh pada 14 Oktober 2023 sekaligus bertepatan dengan HUT Pramuka ke-62. Gagasan ini muncul pertama kali oleh Bapak Rois Sholikhudin, S.Ag, M.Pd selaku Pembina Pramuka MTs Negeri 2 Demak yang menyampaikan bahwa logo Pramuka MTs Negeri 2 Demak sudah waktunya untuk diperbarui dari desain yang lama, beliau menyampaikan pendapat tersebut pada akhir bulan Agustus 2023. Atas tindak lanjut dari respon tersebut, para alumni pun berdiskusi mengenai pembaruan logo Pramuka Mts Negeri 2 Demak dengan menyatukan berbagai konsep, filosofi dan menjabarkanya dalam sebuah logo yang tertera diatas.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, pada hari Senin, 2 Oktober 2023 logo telah didesain secara final oleh para alumni yang berkontribusi lalu menyerahkan konsep dan gambaran desain tersebut kepada Bapak Rois untuk selanjutnya dilakukan koreksi dan penilaian secara matang. Dan akhirnya, pada hari tersebut desain logo secara langsung telah di setujui oleh Bapak Rois Sholikhudin dengan menyampaikan doa dan harapan melalui makna, visi dan misi logo Pramuka MTs Negeri 2 Demak baru yang dibersamai rasa semangat oleh para alumni.

Logo Pramuka MTs Negeri 2 Demak (Pramenda)

Penggagas : Bapak Rois Sholikhudin, S.Ag, M.Pd
Design : Aulia Revaldi
Kontributor :
– Bapak Rois Sholikhudin, S.Ag, M.Pd
– Dwi Afit Setiawan
– Aulia Revaldi

Penjelasan Simbol Logo Pramuka MTs Negeri 2 Demak

  1. Dua cikal tunas kelapa : melambangkan satuan terpisah Putra dan Putri serta bermakna pramuka sebagai rasa semangat para pemuda bangsa Indonesia
  2. Bintang segi 5 (Lima) : bermakna Ketuhanan Yang Maha Esa dan didasarkan pada jumlah sila para Pancasila
  3. Lidah Api berjumlah 10 (Sepuluh) : Melambangkan Dasa Dharma dengan sepuluh tindakan baik dan mulia yang harus dipahami serta diamalkan setiap anggota Pramuka
  4. Padi dan Kapas : Melambangkan keadilan dan kemakmuran
  5. Perisai : Melambangkan akan pertahanan, kebenaran dan harapan masa depan yang cerah
  6. Buku terbuka : Melambangkan ilmu pengetahuan yang senantiasa berkembang
  7. Kolamun/ Pena berdiri tegak : Melambangkan Keilmuan yang harus ditegakkan sesuai syariat islam
  8. Pita : Melambangkan prestasi dan penghargaan yang akan selalu berkembang kedepan

Penjelasan Warna Logo Pramuka MTs Negeri 2 Demak

  1. Warna Hijau : Memiliki makna kedamaian dan kesuburan
  2. Warna Merah : Memiliki makna keberanian, kekuatan, dan kegembiraan
  3. Warna Putih : Memiliki makna keikhlasan dalam mengemban cita-cita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *